Sunday, June 5, 2016

Tips melaksanakan puasa


Sebelum saya tinggal di Jerman, saya gak pernah merhatiin kalau lamanya puasa itu berbeda di tiap negara. Biasanya di Indonesia kita puasa kurang lebih 13 jam. Di Jerman, berhubung sekarang musim panas, jadilah saya puasa 20 jam. Ini karena tiap musim panas matahari terbit lebih pagi dan tenggelam lebih malam.

Mungkin terdengar agak ekstrim ya, menahan makan dan minum segitu lama. Tapi sebenernya kalau dijalanin insha Allah bisa kok. Tentunya tidak lupa untuk bersiap dengan baik.

Hal-hal yang harus perhatikan selama bulan Ramadhan ialah sebagai berikut:

1. Sahur dengan makanan berserat.
Karena makanan berserat membuat perut kenyang lebih lama.
contohnya roti gandum/pasta, beras merah, buah pir, apel, oatmeal, kacang dan sayuran.

2. Minum 2 gelas air setelah makan.
Hindari minum berlebihan, karena perut kamu akan kram. Lebih baik lagi jika kamu bisa minum 2 liter air diantara waktu maghrib dan subuh.

3. Olah raga 2 jam sebelum berbuka.
Karena saat puasa tubuh kita cenderung tidak banyak bergerak, maka olah raga (ringan) bisa membantu tubuh tetap fit.

4. Jangan lupa belajar.
Pelajari tentang Ramadhan dan ibadah apa saja yang bisa kita laksanakan di bulan ini, agar ibadahnya bisa maksimal. Ini salah satu ebook yang saya dapat dari teman saya.

Semoga ke empat poin di atas bermanfaat untuk yang membaca dan bersama post ini saya juga mau meminta maaf jika ada perilaku yang kurang baik atau salah kata.

Selamat besiap diri teman-teman semua!


2 comments:

  1. Sebenernya bukan kejutan sih kalo di eropa itu jam puasanya lebih panjang, secara umum banyak orang tau kalo negara yang ada musim saljunya itu jam puasanya bakal lebih panjang, gw sendiri mungkin akan kewalahan kalo gk terbiasa, ehh tapi ada solusi lho, nahh... kalo loe belum tau sih, nih gw kasih tau :D . Persatuan ulama dunia udah ngeluarin fatwa bagi muslim yang tinggal di negara dengan jam puasa yang lebih panjang itu dibolehkan mengikuti jam puasa yang ada di arab, atau di arab saudi. jadi kalo misalnya loe gk biasa atau gk kuat, boleh kok diambil solusi ini. tapi kalo loe kuat berarti tabungan pahala loe lebih banyak. Tapi kalo loe udah tau sih lebih bagus, khikhikhikhii
    :D :D

    Ganbatte ya vin...!! :D
    Stay istiqamah

    ReplyDelete